READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Ransomware WannaCrypt mulai terdeteksi beberapa hari yang lalu, namun ia telah menyebabkan berbagai masalah di seluruh dunia. Layanan kesehatan seperti National Health Service di Inggris, pabrik pembuat mobil Renault di Perancis dan sebagainya tergendala. Dua rumah sakit di Indonesia pun telah menjadi korbannya.

Serangan WannaCrypt dapat dihentikan saat ini karena seorang peneliti keamanan digital yang menamakan dirinya MalwareTech membeli domain situs web yang terkandung didalam Ransomware tersebut, dan Microsoft baru saja merilis update keamanan yang memperbaiki kelemahan yang hadir pada sistem operasi seperti Windows XP, Windows 8 dan Windows server 2003 yang sudah kedaluwarsa.

Menurut direktur Europol Rob Wainwright, meskipun serangan tersebut dapat diatasi dengan cepat, laporan dari pihaknya menyatakan bahwa Ransomware WannaCrypt ini sudah menyerang 200.000 komputer di 150 negara, dan yang merisaukan adalah ada kemungkinan besar bahwa ia tidak akan berhenti di situ saja.

Menurut laporan Europol dan penelitian MalwareTech, WannaCrypt ini akan hadir dengan versi baru yang lebih berbahaya karena tidak lagi memiliki killswitch situs yang digunakan sebelumnya. Menurut mereka, satu-satunya cara untuk mencegah serangan ini adalah dengan mendownload patch Microsoft sebelum Anda diserang oleh perangkat lunak WannaCrypt ini.

 

 

Komen

Nama
Web