READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Salah satu hal yang paling dibenci banyak orang adalah ketika tanpa sengaja file pada komputer terhapus. Peluang untuk mendapatkannya kembali rendah, tetapi jangan khawatir ada beberapa software  yang memungkinkan Anda mendapatkannya kembali.

Mungkin banyak yang bertanya bagaimana hal ini bisa terjadi. Biasanya, ketika Anda menghapus suatu file atau dokumen pada komputer, itu hanya menghapus file tersebut dari ditampilkan namun  file tersebut masih tersimpan di ruang penyimpanan. Software-software ini membantu Anda memulihkan file yang telah terhapus dengan menggunakan algoritma khusus untuk mengaksesnya kembali.

Berikut adalah antara software yang dapat membantu Anda untuk berusaha mendapatkan kembali file yang dihapus:

Recuva

Salah satu software dari pengembang CCleaner, dimana ia menyediakan antarmuka yang mudah dipahami oleh banyak pengguna. Anda hanya perlu memulai Recuva, memilih penyimpanan yang ingin dipindai dan jenis file yang ingin dicari, selanjutnya software ini akan melakukan scan untuk file yang bisa diselamatkan.

Download Recuva
PhotoRec

PhotoRec memfokuskan untuk mendapatkan kembali foto digital yang hilang atau terhapus tanpa sengaja dari hard disk. Namun juga dapat digunakan untuk berbagai jenis file lain. PhotoRec ini ditawarkan tidak hanya untuk Windows, tetapi untuk Linux dan juga OSX.

Download PhotoRec
FreeUndelete

Dengan konsep yang lebih kurang sama, dan memfokuskan pengguna Windows saja satu lagi perangkat lunak untuk menemukan kembali file terhapus, yaitu FreeUndelete.

Download FreeUndelete
Disk Drill

Satu lagi perangkat lunak yang membantu untuk tujuan sama adalah Disk Drill untuk Windows. Pengguna dapat melakukan scan, dan perangkat lunak gratis ini memungkinkan Anda menemukan kembali file hingga 1GB melalui versi gratis software ini.

Mengingat semua perangkat lunak bekerja dengan cara yang lebih kurang sama, maka itu adalah sesuatu yang penting untuk Anda tidak membuat penulisan data baru (seperti instalasi perangkat lunak baru, merekam gambar pada kartu-SD, dan sebagainya) untuk memastikan peluang untuk mendapatkan kembali data terhapus lebih besar.

Komen

Nama
Web