READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Selamat datang di  #iPhone10Tahun, seri artikel dan video di Amanz dalam merayakan ulang tahun kelahiran iPhone yang kini telah memasuki satu dekade. Dalam seri ini, kami mengupas beberapa hal tentang iPhone seperti teknologi dan sejarahnya dalam mempengaruhi penggunaan perangkat pintar pada saat ini.

Untuk artikel pertama, kami ingin mengajak untuk meninjau kembali antarmuka yang telah digunakan pada iPhone 2G dan dibandingkan dengan antarmuka yang hadir pada iPhone terbaru yaitu iPhone 7 Plus. Versi iPhone OS yang digunakan pada iPhone 2G adalah iPhone OS 3.1.3 yaitu versi iPhone OS terakhir untuk perangkat ini. Sementara untuk iPhone 7 Plus, kami telah menjalankan iOS 11 Developer Beta 2 yaitu versi iOS terbaru yang tersedia pada saat artikel ini ditulis.

Satu hal yang menarik perhatian kami adalah bagaimana antarmuka iOS masih terlihat konsisten terutama dari segi perletakkan ikon pada homescreen, tombol navigasi, dan antarmuka Settings. Ia mengingatkan kami melihat Mac OS versi pertama yang mana masih menawarkan antarmuka yang hampir serupa jika dibandingkan dengan MacOS terbaru.

iPhone OS sejak dari awal telah membawa antarmuka skeuomorphism design yaitu design language yang mengambil ilham objek asli untuk dijadikan sebagai antarmuka. Sebelum Jony Ive, pengembangan antarmuka iPhone dipimpin oleh Scott Forstall. Antarmuka ini dapat dilihat pada aplikasi seperti Notes, yang membawakan tampilan seperti  buku catatan fisik.

Penampilan antarmuka skeuomorphism ini telah digunakan sehingga iOS 6, setelah Scott Forstall diberhentikan akibat menolak menandatangani permohonan maaf yang dikeluarkan oleh Apple pada masalah Apple Maps. Pada Oktober 2012, Jony Ive mengambil alih bagian yang memfokuskan pada pengembangan “human interface” dengan membawa nafas baru pada interface perangkat lunak dari Apple.

Mulai iOS 7 dan seterusnya, antarmuka iOS diubah secara drastis dengan penampilan yang lebih rapi, ceria, dan modern melalui pengembangan antarmuka yang lebih polarize. Bangunan ini memperlihatkan bangunan ikon secara campuran, yang mencakup elemen flat design (ikon Calendar), gradient (ikon Messages, App Store), drop shadow (ikon Videos) dan 3D (ikon Game Centre). Antarmuka ini masih digunakan pada iterasi iOS terbaru, dengan menawarkan sedikit tweak pada beberapa ikon aplikasi utama.

Lockscreen
Homescreen
Spotlight
Dialer
Message
Settings
App store
Safari
Camera
Photos
Music
Notes
Clock
Stocks
Calculator
Calendar
Weather
Maps

Dari antarmuka yang kami jabarkan, bisa disimpulkan Apple telah berhasil membangun sebuah sistem operasi selular yang ramah pengguna, tanpa harus mempelajarinya terlebih dahulu. Dalam waktu 10 tahun, ia telah mempengaruhi banyak sistem operasi berikutnya, dalam memiliki sebuah sistem operasi yang mudah digunakan untuk semua golongan usia.

Komen

Nama
Web