READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Dinosaurus yang paling banyak dikenal pastinya adalah Tyrannosaurus Rex atau dikenal pula dengan nama T-Rex. Di dalam film Jurassic Park, T-Rex sering ditampilkan kejam dan mampu berlari cepat mengejar kendaraan modern. Adegan film ini sepertinya berbeda dari kenyataannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor William Sellers dari University of Manchester s School of Earth and Environmental Sciences menemukan kecepatan lari T-Rex hanya sekitar 27 km / jam. Ini lebih lambat dari Usian Bolt yang mampu berlari dengan kecepatan 28 km / jam.

Profesor Sellers melakukan simulasi biomekanik pada kerangka T-Rex untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang sering didebatkan komunitas paleontologi. Sebelum ini ada pendapat raksasa zaman lewat Cretaceous (bukan dari Jurassic) ini dapat berlari dengan kecepatan maksimum 72 km / jam.

Pada pendapat Profesor Sellers, hanya T-Rex muda bisa berlari cepat tetapi ketika ukuran tubuh membesar, tulang tidak mampu menampung berat dan akan patah ketika berlari lebih cepat. Ini menjawab pertanyaan mengapa tidak ada peninggalan situs kaki T-Rex sedang berlari ditemukan oleh paleontologis sejauh ini.

Ada banyak adegan di dalam Jurassic Park yang kini terbukti salah dari sudut pandang ilmiah. Sebelumnya ilmuwan menemukan T-Rex tidak mengaum seperti singa tetapi berkicau seperti burung dan Velociraptor berbulu seperti burung dan bukan bertubuh licin.

 

 

Komen

Nama
Web