READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Pengadilan di California telah menolak permohonan Apple untuk mengabaikan gugatan berkenaan Facetime yang gagal berfungsi di iOS6. Februari lalu Christina Grace dan Ken Patter, dua orang pemilik iPhone 4 menggugat Apple karena diduga sengaja membuat Facetime gagal berfungsi jika pengguna tidak update ke iOS7. Gugatan diajukan di bawah undang-undang persaingan tidak sehat California.

Menurut mereka Apple memaksa pengguna untuk berpindah ke iOS7 meskipun menyebabkan iPhone 4 tidak berfungsi selancar sebelumnya.  Menurut penggugat  ini adalah tindakan untuk menghemat biaya operasi Apple yang menyebabkan pengguna menjadi korban.

Sebelumnya Apple telah berhasil digugat oleh VirnetX karena menggunakan paten hubungan bilateral mereka di Facetime tanpa izin. Ini memaksa Apple menggunakan sistem server milik Akamai Technologies. Akibatnya Apple harus membayar sebesar $ 50 Juta per tahun untuk mendukung sistem Facetime ini.

Untuk menghindari biaya kepada Akamai Technologies, satu lagi sistem baru diperkenalkan dengan update iOS 7. Ini sekaligus menghemat biaya operasi Apple tetapi pengguna yang masih menggunakan iOS6 melaporkan masalah gangguan layanan.

Kasus gugatan ini akan diteruskan dan jika berhasil, Apple harus memberikan ganti rugi kepada semua pemilik iPhone 4 dan 4S yang masih menggunakan iOS6 hingga 16 April 2014.

 

Komen

Nama
Web