READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Kebiasaan buruk perokok yang sering dilihat adalah membuang puntung rokok sembarangan. Puntung rokok ini kemudian menghambat aliran air sehingga menyebabkan banjir. Setiap tahun diperkirakan 6 Trilliun puntung rokok seberat 1,2 juta ton dibuang dan ini mencemarkan lagi lingkungan. Peneliti di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) di Australia telah menemukan cara mendaur ulang puntung rokok untuk menjadi bahan bangunan jalan raya.

Puntung rokok terlebih dahulu dicampur dengan lilin parafin dan aspal untuk menghindari bahan kimia beracun yang tersimpan mengalir ke dalam sumber air. Ia kemudian dicampurkan ke dalam campuran aspal untuk membangun jalan raya. Kepala peneliti Abbas Mohajerani mengatakan, puntung rokok tidak hanya sesuai didaur ulang menjadi bahan bangunan jalan raya, malahan tidak menyerap panas dengan tinggi. Ini sekaligus menyelesaikan masalah jalan raya tahan di negara panas seperti Australia dan Asia.

Sebelumnya di Malaysia UTHM telah menghasilkan batu bata yang menggunakan puntung rokok sebagai bahan baku. Sementara itu di A & T State University Carolina Utara pula, minyak kotoran babi berhasil menggantikan aspal dalam konstruksi jalan raya. Apakah inovasi menarik yang mungkin terjadi di dalam dunia konstruksi di masa mendatang?

 

 

Komen

Nama
Web