READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Spesies Orangutan Baru Ditemukan Di Sumatera Utara

Diterbitkan pada 3rd November 2017 oleh

Selama beberapa dekade kita menganggap orangutan hanya ada di  kepulauan Borneo dan hanya satu spesies saja. Persepsi kita ternyata menyimpang dari kenyataan karena sebenarnya orangutan juga bisa ditemukan di pulau lain, dan ada dua spesies yang berbeda. Peneliti dari Universitas Zurich telah mengidentifikasi spesies orangutan lain yang ditemukan di Sumatera.

Pongo Tapanuliensis adalah nama yang diberikan pada spesies ini. Hal ini dikarenakan orangutan ini ditemukan di Tapanuli, Sumatra pada tahun 1997. Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa orangutan Tapanuli termasuk dalam spesies Pongo Abelii yang berbeda yang ditemukan di Sumatera Utara dan Pongo Pygmeaeus yang ditemukan di Borneo.

Morfologi kerangka orangutan Tapanuli menemukan beberapa perbedaan dengan spesies Pongo Abelii. Studi genom juga mengkonfirmasi penemuan spesies ini. Penemuan spesies baru ini sangat menarik di dunia ilmu primitif namun juga karena hanya 800 Pongo Tapanuliensis yang masih bisa ditemukan di habitat aslinya. Seperti dua spesies orangutan lainnya, mereka juga masuk dalam kategori terancam punah.

 

Komen

Nama
Web