READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Setiap Ramadhan Muslim akan berpuasa selama sebulan. Di akhir bulan Ramadhan banyak yang bilang mereka sudah berhasil menurunkan berat badan dan merasa lebih sehat. Ini semua aebelumnya tidak dipelajari secara ilmiah. Penelitian terbaru dari Harvard University menemukan bahwa puasa tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga memperlambat proses penuaan dan dapat memperpanjang usia.

Penelitian dilakukan pada cacing nematoda. Dengan mengendalikan diet cacing dengan memaksa mereka berpuasa, para peneliti menemukan bahwa ada perubahan pada jaringan mitokondria di dalam sel. Sebuah studi yang dilakukan oleh Newcastle University sebelum menemukan hubungan antara penuaan sel dan mitokondria.

Penelitian Harvard menemukan bahwa manipulasi nutrisi cacing nematoda mempromosikan homeostasis pada sel mitokondria mereka. Hal ini pada gilirannya menjaga keseimbangan antara sel-sel yang digabungkan dan tersesat dalam jaringan sel mitokondria. Menurut peneliti, cacing nematoda mengalami proses penuaan yang lebih lambat.

Cacing nematoda sering digunakan untuk penelitian karena usia mereka yang pendek sekitar dua minggu. Usia rata-rata yang diuji ditemukan lebih lama dari ditetapkan setelah puasa dilakukan pada mereka.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa membuka pintu kepada penelitian lain untuk memperlambat proses penuaan pada manusia dan penyakit yang timbul seiring bertambahnya usia.

Komen

Nama
Web