READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Data 57 Juta Uber User Telah Dicuri

Diterbitkan pada 22nd November 2017 oleh

Pencurian data kerap terjadi, setelah sebelumnya data pengguna Yahoo! yang berhasil dicuri para hacker, kini giliran Uber. Hari ini terungkap 57 juta data pengguna telah dicuri oleh kelompok hacker.

Pencurian terjadi pada bulan Oktober 2016 yang melibatkan nama, nomor telepon dan alamat email dari 57 juta pengguna Uber di seluruh dunia. Pada saat bersamaan 7 juta informasi sopir juga dicuri. Namun, informasi lain seperti kartu kredit dan log perjalanan pengguna masih aman.

Uber kemudian membayar $ 100.000 untuk uang tebusan kepada hacker agar informasi ini tidak menyebar. Mereka tidak malaporkan pencurian data ini ke pihak berwenang. Kejadian ini baru diketahui setelah audit dilakukan oleh perusahaan eksternal atas arahan dewan direksi.

Sebagai hasil dari penemuan ini, Uber telah memecat Chief Security Officer dan para deputinya karena gagal mengungkapkan pencurian data dan membayar uang tebusan kepada hacker.

CEO baru Uber Dara Khosrowshahi mengakui hal ini seharusnya tidak terjadi dan tidak ada alasan kelalaian perusahaan. Dia juga berjanji akan melakukan perubahan pada Uber agar tidak terulang kejadian yang sama.

 

Komen

Nama
Web