READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Bumi datar, Michael Jackson adalah alien, Elvis Presley hidup dan orang-orang yang tidak pernah mendarat di bulan adalah teori konspirasi yang sangat populer. Selama bertahun-tahun semakin banyak konspirasi  dalam video karena bisa mendapatkan viewers yang tinggi sekaligus menghasilkan pendapatan yang tinggi bagi pemilik channel. Masalahnya teori “alternatif” ini tidak  didukung dengan fakta-fakta yang tidak sahih.

Untuk mengatasi masalah penyebaran informasi yang tidak sahih di platform mereka, YouTube akan menampilkan tautan ke informasi yang valid di bawah video dengan konten teori konspirasi ini. Ini diumumkan oleh CEO YouTube Susan Wojcicki pada acara SXSW yang sedang berlangsung. Informasi yang ditampilkan akan diambil dari halaman Wikipedia. Saat diklik akan memberikan informasi yang benar kepada pemilik video. Fungsi ini akan diperkenalkan dalam beberapa bulan dari sekarang.

Penyebarluasan informasi yang tidak valid sekarang lebih cepat karena semudah menekan tombol share pada platform media sosial. Apa yang coba dilakukan YouTube menarik tapi dari pengalaman pribadi penyebaran video yang masih diragukan kebenarannya, lebih banyak terjadi di Facebook dan WhatsApp yang tidak memiliki sistem yang sama seperti YouTube.

 

 

Komen

Nama
Web