READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Sticker Untuk Mengukur Kadar Gula Pada Penderita Diabetes

Diterbitkan pada 10th April 2018 oleh

Sebanyak 10 juta masyarakat Indonesia menderita diabetes. Angka ini menempatkan Indonesia di urutan ke-7 dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Pemeriksaan kadar gula biasanya dilakukan menggunakan alat berjarum yang ditusukan ke jari.

Di masa depan penusukan jarum ke  jari tidak lagi diperlukan. Sebaliknya, penderita diabetes hanya perlu memakai sticker di permukaan kulit untuk mengukur kadar glukosa. Sticker ini dikembangkan oleh University of Bath dan terbuat dari bahan grafena.

Sensor pada sticker menggunakan arus listrik kecil untuk menyerap glukosa dari sel-sel tubuh, kemudian disimpan untuk mengukur kandungan gula dalam tubuh. Tidak perlu mengetuk ujung jari beberapa kali sehari seperti sekarang.

Sticker ini masih dalam bentuk prototipe. Tetapi para peneliti berharap mereka dapat dikomersilkan karena mereka dapat mengukur kadar gula setiap 15 menit sepanjang hari. Dengan teknologi perangkat itu kemudian dapat mengirimkan peringatan kepada pengguna ketika mendeteksi tingkat gula rendah atau tinggi sebelum terlambat.

 

Komen

Nama
Web