READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Sertifikasi perangkat Android pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 melalui program Android Certified. Mulai tahun 2018, Google mulai memblokir akses ke GApps di perangkat yang tidak dikenal. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah keamanan di perangkat Android.

Pada akhir Maret, Google sebenarnya telah menutup sertifikasi untuk Android Nougat. Ini berarti perangkat baru setelah bulan Maret dengan Android Nougat mungkin akan mengalami isu “Device is not certified by Google“. Google semakin tegas dalam hal sistem operasi mereka produsen mengembangkan perangkat Android sesuai dengan pedoman Compatibility Definition Document (CDD) sehingga mereka lulus Compatibility Test Suite (CTS).

Itu artinya, semua perangkat baru yang diakui oleh Google mulai April 2018 dan di atasnya harus menggunakan Android Oreo. Sampai saat ini ada lebih dari 16.000 perangkat di daftar Google Play Certified, namun baru sedikit yang menggunakan Oreo.

Dengan diperkenalkannya Project Treble, kita akan mulai melihat lebih banyak perangkat yang menjalankan Android Oreo tahun ini. Bahkan, perangkat Xiaomi Redmi yang baru saja diiris juga menggunakan Android 8.1 Oreo.

 

Komen

Nama
Web