READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Xiaomi Menguji Modus Berkendara Pada MIUI Baru

Diterbitkan pada 21st May 2018 oleh

MIUI adalah antarmuka sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Xiaomi. Ia dikenal dengan update cepat, manajemen RAM yang baik dan juga sistem yang mudah digunakan. Minggu lalu, kami melaporkan bahwa Xiaomi sedang menguji desain baru di MIUI 8.5.11. Dalam MIUI ini ada beberapa fitur baru yang ditambahkan dan diperbarui juga. Diantaranya adalah modus berkendara (drive mode).

Modus berkendara untuk Android bukanlah hal baru, dalam custom ROM berbasis Lineage OS sudah memiliki System Profiles, di mana pengguna dapat mengaktifkan untuk mengubah pengaturan yang ideal untuk mengemudi seperti GPS, mengunci layar pada mode lansekap, mematikan nada dering dan lainnya . Seperti Samsung, mereka memiliki “ Car mode (for Galaxy)” di mana ia akan mengubah perangkat Samsung menjadi sistem inforia. Sekarang, giliran Xiaomi untuk mencoba modus berkendara ini.

Dalam MIUI 8.5.11 modus berkendara ini masih dalam pengujian dan tidak stabil. Sebagai contoh, meskipun MIUI ini adalah versi Global tetapi tutorialnya masih dalam bahasa Cina. Modus berkendara MIUI  diaktifkan jika aplikasi peta sedang digunakan. Ketika aplikasi peta seperti Waze terbuka dan modus berkendara diaktifkan, pengguna akan memiliki akses dan kontrol yang terbatas terhadap perangkat.

Dalam modus berkendara ini, pengguna dapat tap bagian mana saja dari layar untuk mengaktifkan modus perintah suara. Akan ada suara seperti robot perempuan yang mengatakan modus perintah suara aktif dan pengguna dapat memberikan instruksi seperti menanyakan kapan tiba di tujuan atau sebagainya. Modus gesture juga memudahkan pengguna untuk mengontrol aplikasi peta dengan cara yang lebih mudah. Karena tutorial modus ini dalam bahasa Mandarin, saya menganggap modus ini sesuai jika menggunakan aplikasi peta MIUI bawaan Cina. Modus perintah suara berikutnya adalah tap pada bar status perangkat. Jika pengguna tap bar status ini MIUI dapat menjawab panggilan atau membaca SMS yang diterima. Namun, membaca pesan ini hanya berfungsi untuk Mi Message saja.

Jika Anda melihat gambar di atas, terdapat warna ungu menyala di sekitar peluncur. Itu menandakan modus berkendara aktif dan pengguna hanya dapat menggunakan perintah suara, gesture, dan juga tap status untuk menggunakan perangkat. Jika perangkat Xiaomi dengan MIUI versi Cina, modus ini akan lebih efisien dengan bantuan Xiao Ai – asisten virtual Xiaomi dengan sistem kecerdasan buatan.

Mode ini bagus untuk pengguna Xiaomi. Saya berharap mod ini hadir dalam versi stabil lebih cepat dan memiliki integrasi Asisten Google untuk versi MIUI Global. Apa pendapat Anda tentang mode mengemudi MIUI ini, apakah Anda akan menggunakan mode ini jika stabil?

Komen

Nama
Web