READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Software Adobe Photoshop sangat membantu dalam proses memanipulasi gambar. Karena ada banyak sistem otomasi yang digunakan, membuat gambar palsu menjadi terlihat realistis pun dapat dilakukan oleh orang yang masih pada tingkat amatir. Ini tentu saja merupakan fakta yang mengkhawatirkan, terlebih  berita hoax yang semakin marak terjadi dan menyebabkan kegaduhan di masyarakat.

Adobe mengakui software mereka untuk kerap disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab dan karena itu mereka telah mengembangkan kecerdasan buatan yang dapat mendeteksi gambar yang dimanipulasi. Ada banyak softwareuntuk tujuan ini di pasaran tetapi sistem kecerdasan buatan Adobe dikatakan mampu melakukan pelacakan dengan kecepatan yang lebih cepat dan lebih akurat.

Rangkaian neural digunakan untuk analisis gambar yang dimanipulasi menggunakan teknik penyambungan (splicing), kloning (cloning), dan penghapusan (removal). Ketiga teknik manipulasi ini akan meninggalkan bekas pada gambar yang sulit dideteksi oleh mata manusia tetapi mudah oleh kecerdasan buatan. Proses deteksi yang membutuhkan waktu berjam-jam oleh manusia dapat dilakukan oleh kecerdasan buatan hanya dalam beberapa detik.

 

 

Komen

Nama
Web