READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Honda Menghentikan Pengembangan Robot Asimo

Diterbitkan pada 2nd July 2018 oleh

Asimo mungkin adalah robot berkaki dua paling terkenal di dunia setelah Atlas Metal Gear. Robot lucu setinggi 130 cm ini menjadi duta untuk teknologi robotik Honda sejak diperlihatkan pada tahun 2000. Tetapi mungkin banyak tidak menyadari pengembangan robot dual-kaki ini telah dimulai sejak 1986. Honda beberapa hari yang lalu mengumumkan pengembangan Asimo telah dihentikan untuk berkonsentrasi pada pengembangan teknologi lain.

Sebanyak tujuh versi Asimo telah diproduksi sejak 2000 dengan model terakhir diperlihatkan pada tahun 2011. Sepanjang keberadaannya, ia membuktikan robot yang mampu berjalan dan menaiki tangga bukanlah sekedar fiksi ilmiah belaka. Teknologi yang digunakan pada Asimo kini akan diterapkan pada pengembangan sistem mobil otonom serta mobilitas untuk lansia. Malahan motor self balancing Honda yang kami laporkan tahun lalu menggunakan teknologi yang diuji terlebih dahulu pada Asimo.

Selamat tinggal Asimo (Advanced Step in Innovative Mobility). Dunia robotik telah banyak berubah dan Asimo yang dahulunya dianggap canggih kini sudah kelihatan berusia. Robot-robot keluaran Boston Dynamics tidak hanya mampu berjalan tetapi dapat melompat dan melakukan jungkir balik di udara. Dengan pengembangan robot yang berlanjut, mungkin dalam beberapa generasi, robot seperti Gundam pula akan menjadi kenyataan.

 

 

Komen

Nama
Web