READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Awas! Serangan Baru Berbasis CSS Dapat Membuat iPhone Anda Mati

Diterbitkan pada 17th September 2018 oleh

Dengan lebih banyaknya penggunaan perangkat pintar, arena keamanan cyber juga dturut berkembang dalam hal penelitian. Baru-baru ini, seorang peneliti keamanan menemukan metode baru yang dapat membuat ‘perangkap’ iPhone, yaitu hanya dengan menggunakan CSS yang sering digunakan dalam pengembangan web.

Sebagai informasi, banyak web modern menggunakan CSS dalam desain antarmuka. Kerentanan baru ini terlihat memanfaatkan mesin WebKit untuk iOS yang dapat menyebabkan kernel panic, dan membuat iPhone mati dan restart secara otomatis.

Kerentanan baru ini mempengaruhi iPhone dan iPad, serta pengguna macOS yang menggunakan Safari juga terpengaruh ketika membuka tautan yang mengandung CSS tersebut.

Karena dapat diserang menggunakan CSS, maka pengguna iPhone dapat dikatakan rentan terhadap serangan melalui berbagai media, termasuk berbagi tautan melalui WhatsApp, Twitter, dan sebagainya.

Namun saat ini tidak mungkin untuk menjalankan kode berbahaya (malware), sehingga penyerang tidak dapat mencuri data menggunakan metode ini.

Dari tes beberapa pengguna, terlihat bahwa iOS 12 Beta juga terpengaruh dengan kerentanan baru ini.

 

Komen

Nama
Web