READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Apa Saja Yang Menarik Di MIUI 10?

Diterbitkan pada 24th September 2018 oleh

MIUI 10 telah mulai ditawarkan pada perangkat Xiaomi yang paling populer seperti Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi MIX 2, dan Xiaomi Redmi Note 5. Update ini menawarkan berbagai perubahan, diantaranya dalam antarmuka, peningkatan kinerja, dan peningkatan kemampuan kamera. Bagi mereka yang menggunakan perangkat Xiaomi terbaru, berikut adalah beberapa perubahan dan fungsi menarik yang hadir dalam MIUI 10.

Antaramuka “Recent Apps” Baru

Tampilan aplikasi baru-baru ini telah menghadirkan berbagai tampilan aplikasi, seperti yang terlihat pada sistem operasi BlackBerry 10 dan MeeGo. Ini memudahkan pengguna memilih aplikasi yang sedang berjalan, tanpa harus menyeret satu per satu aplikasi yang terbuka seperti yang ada pada MIUI 8 dan 9. Dengan tampilan ini, ia turut memudahkan pengguna yang menggunakan fungsi gesture membuat pertukaran aplikasi, dengan pemilihan aplikasi secara cepat.

Pembaruan Pada Tampilan Quick Settings

Tampilan Quick Settings kini membawa perubahan baru karena Xiaomi mempertahankan antarmuka yang sama dari MIUI 7. Sekarang tampilannya lebih modern, dengan tampilan antarmuka berbasis putih. Tampilan notifikasi juga telah diperbarui, yang sekarang terlihat lebih teratur seperti yang terlihat pada iterasi Android terbaru, Android 9.0 Pie.

Antarmuka Kontrol Suara Menyerupai Android Pie

Saat Anda membuat kontrol suara pada MIUI 10, Anda akan menemukan bahwa tampilannya sekarang hampir mirip dengan kontrol suara di Android 9.0 Pie. Layar juga hadir dengan antarmuka modern, melalui layar putih dan biru. Dari fungsi ini, Anda juga dapat mengontrol pengaturan suara yang berbeda, seperti nada dering, media, dan bunyi alarm.

Pembaruan Antarmuka Pada Aplikasi Yang Tersedia

Aplikasi tersedia seperti Weather sekarang muncul dengan antarmuka modern, yang sekarang lebih ringkas dan jelas untuk menampilkan informasi cuaca. Selain aplikasi Weather, aplikasi Clock kini hadir dengan antarmuka gelap, selain itu aplikasi Security kini menawarkan perubahan font dan warna baru.

Peningkatan Fungsi “Full Screen Gesture”

Fungsi “Full Screen Gesture” telah ada pada MIUI 9, tetapi fungsi yang ditawarkan hanya mencakup kontrol atas layar utama, kontrol seperti tombol back, dan pertukaran aplikasi. Di MIUI 10, Xiaomi telah menambahkan gesture  ke aplikasi sebelumnya, cukup dengan menarik dari sisi (kiri atau kanan) layar dan kemudian tahan sejenak untuk masuk ke aplikasi. Anda juga dapat membuka “Action Menu” suatu aplikasi, dengan membuat gerakan menarik pada sisi (kiri atau kanan) di bagian atas layar dan tahan sebentar untuk membuka menu ini.

AI Portrait

Kabar gembira bagi pengguna perangkat Xiaomi dengan sistem kamera tunggal, MIUI 10 kini memungkinkan Anda melakukan Portrait Mode pada aplikasi kamera. Ini dicapai melalui kecerdasan buatan (AI), di mana efek buram di bagian belakang subjek dilakukan melalui perangkat lunak. Menariknya, kemampuan ini tidak terbatas pada penggunaan kamera belakang saja tetapi bisa juga dilakukan pada kamera depan.

Berikut adalah perangkat yang mendukung fungsi AI Portrait pada MIUI 10:

Kamera Depan:

Mi MIX 2 / Mi 6 / Mi 5s Plus / Mi 5s / Mi 5 / Mi Note 2 / Mi Max 2 / Mi Max / Redmi Note 5 (India) / Redmi Note 4 (India) Redmi 5 / Redmi 4 / Redmi 4X

Kamera Belakang:

Mi MIX 2 / Mi 5s / Mi 5s Plus / Mi 5 / Mi Note 2 / Mi Max 2 / Mi Max / Redmi Note 4 (India) / Redmi Note 4X / Redmi Note 3 / Redmi 5 / Redmi 4 / Redmi 4X

Suara Notifikasi & Nada Dering Baru

Nada dering pada MIUI 10 kini membawa tema baru yang kini menawarkan suara ke arah alami. Jika Anda telah menginstal MIUI 10, terdengar lebih modern, serta memberi Anda suara lebih segar daripada iterasi sebelumnya.

AI Preload – Pembukaan Aplikasi Lebih Cepat

Salah satu fokus yang difokuskan pada MIUI 10 adalah dukungan yang lebih cepat untuk membuka aplikasi. Ketika Anda menggunakan MIUI 10, pembukaan aplikasi sekarang dapat dibuka lebih cepat, melalui penyimpanan memori aplikasi secara cerdas. MIUI 10 juga memiliki sistem manajemen cache aplikasi yang lebih baik, yang membantu memberikan kehalusan yang konsisten saat menggunakan aplikasi dan game.


Menurut kami, MIUI 10 telah menunjukkan kematangan yang dramatis di MIUI, melalui reformasi antarmuka baru yang sekarang sejalan dengan Android Pie. Ini juga dilengkapi dengan optimalisasi cerdas dalam hal kinerja dan kemampuan AI Portrait untuk perangkat Xiaomi dengan sistem kamera tunggal. Peralihan aplikasi dan sistem gesture juga diperbarui, yang sekarang lebih dioptimalkan untuk perangkat layar penuh modern dan terbaru.

Daftar perangkat MIUI 10:

  • Xiaomi Mi 8, Mi 8 SE, Mi 6, Mi 6X, Mi 5, Mi 5S Plus, Mi 5X, Mi 5C, Mi 4S, dan Mi 4C
  • Xiaomi Mi MIX 2S, Mi MIX 2, dan Mi MIX
  • Xiaomi Mi Note 3 dan Mi Note 2
  • Xiaomi Mi Max 3, Mi Max 2, dan Mi Max
  • Xiaomi Redmi Note 5, Redmi Note 5A, Note 5A Prime, dan Redmi Note 4 / 4X
  • Xiaomi Redmi 5 Plus, Redmi 5, Redmi 5A, Redmi 4X, Redmi 4A, dan Redmi S2

MIUI 10 telah ditawarkan secara bertahap mulai hari ini, yang ditawarkan pada perangkat terbaru Xiaomi setelah rilis 2015 dan di atas. Untuk Anda yang telah update ke MIUI 10, apa fungsi yang paling Anda sukai?

Komen

Nama
Web