READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Orang berkebutuhan khusus (penyandang cacat) memiliki tantangan hidup yang membuatnya lebih sulit untuk melakukan hal-hal dasar daripada orang normal. Untuk menjadi mandiri, mereka perlu mencari tempat kerja yang mau menerima kondisi mereka, dan tentunya hal ini masih terbatas di beberapa negara. Di Jepang ada inisiatif untuk menggunakan robot untuk memungkinkan orang-orang cacat bekerja dari rumah.

Sebuah kafe akan dibuka di Tokyo mulai 26 November hingga 7 Desember dengan robot OriHime-D sebagai pelayan. Robot 1,2 meter dan 20 kilogram dikendalikan oleh orang berkebutuhan khusus dari rumah. Penggunaan robot seperti OriHime-D diharapkan memungkinkan mereka dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri meskipun dikerjakan dari rumah. Sebelumnya, robot OriHime yang lebih kecil digunakan di sekolah untuk digunakan oleh siswa yang tidak dapat bersekolah.

Penggunaan robot sebagai pengganti tubuh manusia mengingatkan kita pada film Surrogates dan Avatar. Dalam kedua film robot ini digunakan di masa depan sebagai pengganti tubuh manusia yang sebenarnya. Siapa sangka fiksi sekarang telah menjadi kenyataan.

 

 

Komen

Nama
Web