READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Layanan Google+ Akan Dihentikan Karena Alasan Keamanan

Diterbitkan pada 9th October 2018 oleh

Google+ (disebut Google Plus) adalah salah satu layanan sosial yang disediakan oleh perusahaan mesin pencari Google. Namun, layanan ini mungkin tidak banyak digunakan oleh pengguna.

Hari ini, Google mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri penawaran Google+. Selain karena memang pada kenyataannya tidak banyak pengguna yang menggunakannya, salah satu alasan Google menghentikannya juga karena kerentanan keamanan.

Kerentanan keamanan terhadap layanan sosial dikatakan mempengaruhi hampir 500.000 akun pengguna. Melalui kerentanan keamanan ini, salah satu akses API yang ditawarkan oleh Google memberikan informasi tentang pengguna meskipun tidak ditandai sebagai share publik. Ini sekaligus mengungkap info seperti nama, usia dan pekerjaan yang disimpan di akun Google.

Google mengatakan mereka tidak menemukan penyalahgunaan yang disebabkan kerentanan ini saat ini. Sejalan dengan temuan ini Google juga mengatakan mereka akan menghentikan layanan Google+.

Google mengatakan mereka menemukan pengguna umum tidak menggunakan layanan ini, tetapi sekitar 90% dari penggunaan Google+ oleh pengguna umum kurang dari lima detik.

Layanan sosial ini akan dihentikan sekitar 10 bulan lagi. Seiring dengan penghentian Google+ untuk pengguna, Google mengatakan bahwa mereka akan memberikan nafas baru untuk layanan berbagi data dari akun pengguna – di mana pengguna akan dapat mengontrol informasi apa yang dibagikan dengan aplikasi pihak ketiga.

 

 

Komen

Nama
Web