READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Menurut Anda apakah pekerjaan Anda saat ini tidak tergantikan oleh robot atau kecerdasan buatan? Jika demikian, selamat karena pekerjaan sebagai penulis seperti kita mungkin sia-sia dalam waktu dekat. Menurut The New York Times, hampir sepertiga artikel Bloomberg dihasilkan dengan bantuan kecerdasan buatan.

Sistem yang diberi nama Cyborg ini mampu memproses laporan keuangan sebelum menghasilkan artikel dengan cepat. Ia cukup pintar untuk menemukan data yang paling relevan untuk dilaporkan. Sebelumnya itu dilakukan oleh manusia tetapi proses menganalisis data dan membaca laporan keuangan tidak hanya memakan waktu tetapi sangat membosankan. Cyborg digunakan untuk membebaskan jurnalis dari menulis artikel-artikel ini dan tanpa membuat mereka kehilangan pekerjaan.

Selain Bloomberg The Washington Post, Associated Press dan The Los Angeles Times juga telah menggunakan ‘e-jurnalis’ untuk menulis konten. Pada Olimpiade 2016, The Washington Post menggunakan perangkat lunak Heliograf untuk menulis laporan singkat untuk setiap acara yang dilombakan. Jurnalis manusia bebas menulis artikel yang lebih dalam dan tidak hanya mengolah data.

Untuk saat ini penggunaan kecerdasan buatan sebagai pengganti penulis belum banyak digunakan. Alasan utama adalah bahwa biaya sebenarnya lebih tinggi daripada staf manusia. Di sisi lain, perangkat lunak tidak dapat ‘berkomunikasi’ dengan pembaca karena tidak ada sentuhan pribadi. Namun jangan heran jika dalam waktu dekat berita yang Anda baca di Amanz juga akan ditulis oleh perangkat lunak. Tidak ada lagi kesalahan ketik dan tidak ada lagi artikel yang ditulis dengan bias penulis.

 

Komen

Nama
Web