READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Google Mengumumkan Platform Game Stadia

Diterbitkan pada 20th March 2019 oleh

Google hari ini menghadiri acara GDC 2019 (Game Developers Conference), dan melalui panggung utama Google, mereka mengumumkan platform game mereka sendiri yang disebut Stadia. Melalui platform game ini, Google ingin membawa konsol game berkualitas ke beberapa perangkat melalui Chrome, atau Android tanpa perlu menggunakan perangkat spesifikasi tinggi dan sebagainya.

Google juga menekankan pengguna tidak perlu lagi mengunduh game atau upgrade perangkat seperti yang terjadi saat ini. Pengguna dapat menonton video game favorit mereka di YouTube dan memainkannya hanya dengan menekan tautan.

Untuk memperkuat Stadia, Google menggunakan pusat data mereka yang berlokasi di berbagai negara di seluruh dunia, sehingga memungkinkan pengguna untuk menikmati game tanpa masalah.

Ketika peluncuran ini, Stadia mendukung game hingga 4K pada 60fps. Google juga mengumumkan bahwa mereka juga akan menawarkan dukungan hingga 8K dalam waktu dekat. Menariknya melalui Stadia, pengguna juga dapat streaming game dengan resolusi 4K ke YouTube dengan mudah tanpa masalah.

Mengingat platform ini didasarkan pada awanan (clouds), Google mengatakan pusat data mereka akan terus ditingkatkan dalam mendukung berbagai game pada kekuatan pemrosesan tinggi tanpa masalah. Agar Stadia berfungsi juga, Google bekerja dengan AMD untuk mengembangkan GPU khusus yang digunakan di pusat data mereka. Ini juga mendukung berbagai platform pengembangan game yang saat ini digunakan pengembang termasuk Unity dan Unreal Engine.

Bersamaan dengan pengumuman ini, Google juga mengumumkan beberapa game yang dapat dimainkan melalui Stadia, diantaranya Eternal Doom. Stadia akan ditawarkan ke beberapa negara mulai tahun 2019 ini.

Komen

Nama
Web