READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

10 Perkara Menarik Dalam Android 10

Diterbitkan pada 6th September 2019 oleh

Android 10 adalah nama resmi untuk Android Q. Google tidak lagi menggunakan nama makanan penutup, karena banyak makanan penutup tidak diketahui dan tidak tersedia di beberapa negara pengguna Android. Misalnya, nama Android Q seharusnya Queen Cake, sejenis kue berukuran muffin. Anda tahu Queen Cake? Merek dengan angka nampaknya lebih universal dan terkenal.

Di Android 10 Google juga telah memperkenalkan lebih banyak fungsi menarik seperti kontrol privasi, ikonfirmasi lokasi yang lebih baik, dan lebih banyak kemampuan yang telah disesuaikan. Salah satu yang paling menarik adalah mode gelap. Ya, ini bukan lagi tema gelap karena mode ini diterapkan ke seluruh sistem dan bukan hanya antarmuka. Pada artikel ini, saya akan membagikan sepuluh hal menarik di Android 10. Ingatlah bahwa semua 10 ini didasarkan pada Android 10 asli yang berjalan di Pixel 3a XL.

1. Mode Gelap

Akhirnya setelah  lama dinantikan, di Android Q mode gelap telah diperkenalkan secara resmi dan stabil untuk digunakan. Mode gelap pada Android 10 terdiri dari dua jenis, salah satunya adalah tema yang mengubah beberapa aplikasi Google menjadi tema gelap. Warnanya abu-abu lebih gelap dan lebih ramah untuk digunakan pada semua perangkat Android jika mode gelap diaktifkan. Kemudian adalah mode gelap sepenuhnya, yang berlaku untuk seluruh sistem.

Mode gelap ini menggunakan warna yang lebih gelap, jika perangkat pengguna menggunakan layar OLED. Jika perangkat menggunakan layar LCD, itu akan menjadi hitam pekat. Dengan mode gelap ini, warna akan kurang digunakan, terutama yang putih. Menurut Google, itu tidak hanya nyaman untuk mata pengguna tetapi juga menghemat baterai perangkat.

Untuk mengaktifkan mode gelap ini, buka Setting> Display> aktifkan ‘Dark Theme’,  dan semua aplikasi yang didukung akan berubah secara otomatis. Menurut Google, GMail, Google Maps, dan beberapa aplikasi Google lainnya juga akan menerima dukungan ini di masa mendatang.

2. Kontrol Gestur Baru

Dengan Android 10, Google telah membuang tombol back secara default. Sekarang menggunakan gerakan penuh seperti iPhone X dan MIUI. Ketika gestur tidak digunakan, navigasi untuk kontrol gerakan secara otomatis disembunyikan. Kemudian ketika gerakan mulai berlaku, ia akan muncul kembali. Dalam navigasi kontrol gerakan ini, pengguna dapat menggulir ke kiri atau kanan untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Untuk kembali ke aplikasi lain atau halaman sebelumnya, cukup gulir dari ujung perangkat ke kiri atau kanan. Akan terdapat ikon kembali muncul memberitahu Anda sedang membuat kawalan navigasi kembali. Menariknya, Google mengharuskan semua perangkat Android untuk mengatur kontrol gerakan ini sebagai default pada perangkat Android, dan masing-masing produsen perangkat memiliki kontrol gerakan sendiri.

Tidak hanya itu, bagi mereka yang tidak suka memanggil Google Assistant dengan mengatakan “Hei, Google” atau “Oke, Google” – Google sekarang telah menambahkan kontrol gerakan untuk mengakses Google Assistant di Android 10. Ini dapat diakses dengan menggulir dari sudut bawah perangkat. Hal ini tampaknya untuk memudahkan pengguna lain. Untuk pengguna Pixel, cara mudah lainnya adalah memijit perangkat saja.

4. Focus Mode

Ketika Android Pie diluncurkan tahun lalu, Digital Wellbeing diperkenalkan. Ini adalah aplikasi sistem asli di Android untuk mengontrol kecanduan pengguna terhadap penggunaan perangkat. Digital Wellbeing semakin lama, lebih baik dengan berbagai fungsi. Di Android 10, Google telah menambahkan Focus Mode.

Dengan Focus Mode kontrol atas penggunaan aplikasi bahkan lebih dahsyat. Pengguna dapat menghentikan sementara aplikasi. Setelah aplikasi yang dipilih telah dijeda, itu tidak akan segera terbuka dan notifikasi tidak akan diterima. Namun, pengguna dapat mematikan Focus Mode ini kapan saja. Jika Anda bertanya-tanya apa gunanya hanya menggunakan beberapa langkah sederhana, Anda dapat mematikan Focus Mode?

Ini disiplin diri! Jika Anda bekerja, melakukan banyak pekerjaan atau beribadah, Anda cukup memilih aplikasi yang sering Anda buka atau terima notifikasi dan atur dalam Focus Mode. Jadi Anda dapat fokus sepenuhnya tanpa kesulitan. Tetapi jika Anda tidak memiliki disiplin diri, fungsi ini tidak berguna.

4. Family Link

Fitur lain yang ditambahkan ke Digital Wellbeing di Android 10 adalah Family Link. Family Link adalah aplikasi asing dari Google untuk orang tua untuk mengontrol penggunaan perangkat anak-anak mereka. Apa yang sebenarnya dilakukan Google adalah akses lebih cepat.

Dengan Digital Wellbeing di Android 10, Google menambahkan pintasan untuk mengakses aplikasi Family Link lebih cepat. Ini juga menampilkan daftar pengguna / perangkat anak yang dikontrol.

5. Sound Amplifier

Sound Amplifier adalah fungsi untuk para penyandang cacat. Ini bagian dari fungsi di Accessbility. Yang menarik dari fungsi ini adalah ia dapat memperkuat audio sekitar pengguna dengan menggunakan mikrofon bawaan perangkat atau set kabel audio 3,5mm atau USB-C.

Namun, pengguna harus menggunakan perangkat earphone untuk menggunakan fungsi ini. Fungsi ini tidak hanya terbatas pada orang-orang penyandang cacat, tetapi jika Anda ingin mendengar lebih jelas suara-suara di sekitarnya tanpa gangguan. Ada tiga pengaturan utama; Sound, Noise dan Source. Di Sound, pengguna dapat menyesuaikan suara surround melalui Boost untuk yang lebih kuat dan Fine Tuning untuk kejernihan yang lebih besar. Di Noise, pengguna dapat memfilter suara untuk membuat suara surround lebih jernih dan Source adalah sumber mikrofon Anda. Baik mikrofon dari set earphone atau mikrofon dari perangkat.

Untuk mengaksesnya relatif mudah, setelah fungsi ini diaktifkan dengan pengaturan – pengguna hanya perlu menggunakan dua jari dan gulir ke atas untuk mengaktifkannya.

6. Smart Reply & Suggested Actions

Sementara di Android Pie, Google telah memperkenalkan banyak sistem kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin di Android 10 itu menjadi lebih pintar. Saat ini, fungsi Smart Reply & Suggested Actions telah menjadi stabil dan didukung di banyak aplikasi.

Fungsi ini persis seperti namanya. Smart Reply dapat menyarankan teks atau emoji sebelum pesan dijawab. Misalnya jika saya menerima pesan “Di mana Anda?”, Saya akan menerima saran seperti “Di rumah”, “Di tempat kerja”, “Baru sampai di rumah” atau “Aku di sini 🛬”. Namun, jika pesan yang saya terima adalah dalam bentuk tautan atau lokasi web, saran buka web dan aplikasi Google Maps akan muncul.

Smart Reply and Suggestion Actions ini tampaknya berfungsi di Pesan Google, WhatsApp, Facebook Messenger, Hangouts, dan aplikasi pesan apa pun.

7. Kontrol Privasi Lebih Dalam

Jika Anda pernah menggunakan iOS atau mengetahui kekuatan iOS, salah satu keamanan dan privasi iOS adalah yang terbaik. Apalagi dengan izin akses lokasi. Di iOS, ini adalah aplikasi yang dapat mengakses lokasi sementara atau permanen. Namun di Android hanya ada selamanya. Sekarang di Android 10 kontrol akses lokasi bahkan lebih baik. Sekarang memiliki opsi untuk memberikan akses sementara atau permanen, seperti halnya iOS.

Untuk sekuritas, ini lebih dari sekadar akses data. Ini tidak sehebat lokasi. Tetapi kontrol kebenaran sekarang lebih jelas. Kemudian dalam pengaturan Privacy, sudah ada riwayat aktivitas perangkat Android yang dimasukkan. Ini berarti bahwa setiap akses yang dilakukan ke perangkat mudah terlihat di dasbor keamanan akun Google.

8. Live Caption

Ini adalah beberapa fungsi yang paling unik dan menarik. Fungsi ini disebut Live Caption. Sesuai namanya, ini adalah caption langsung atau dengan kata lain subtitle langsung. Saat ini, fungsi ini belum tersedia karena masih dalam pengembangan.

Mengapa fungsi ini unik? Ini karena file media apa pun yang Anda putar adalah video atau audio, cukup tekan tombol level suara dan ikon Live Transcribe akan muncul bagi Anda untuk mengaktifkan fungsi ini. Secara otomatis, file media yang Anda mainkan akan memiliki ‘subtitle’ langsung.

9. Security Update Melalui Play Store

Sejak April, Google telah menguji kemampuan pembaruan sistem untuk didistribusikan melalui Google Play Store. Setelah Android Q beta keluar, pertama kali ditampilkan pada beberapa perangkat Pixel. Ini tidak mungkin, karena Google menggunakan teknologi dari Mainline Proyek. Mengapa itu dibuat?

Jika Android asli adalah salah satu sistem operasi yang menerima pembaruan keamanan tercepat, melalui pembaruan sistem Play Store – itu didistribusikan lebih cepat dari biasanya.

10. Kontrol Notifikasi yang Lebih Baik

Pemberitahuan terkadang bisa membuat frustasi. Terutama email atau WhatsApp Group. Jika Anda menggunakan Focus Mode pada Digital Wellbeing, itu akan berhenti. Tetapi bagaimana jika kita masih ingin menerima notifikasi, tetapi dengan cara yang lebih terkontrol?

Di Android 10, pengaturan notifikasi sekarang lebih baik dan pengguna memiliki kontrol lebih besar. Pengguna sekarang dapat membisukan pemberitahuan dengan hanya menekan dan menahan pemberitahuan dan pilih Slient atau matikan pemberitahuan. Pengguna juga dapat menekan tombol gear dan melihat lebih banyak kontrol.

Jika itu tidak cukup, di bagian pengaturan sistem pada bagian Apps & notification ada kontrol tambahan yang gratis bagi pengguna untuk menyela dan tidak melewatkan pemberitahuan apa pun.


Jadi itu adalah 10 hal menarik di Android 10. Sayangnya, sebagian besar fungsi ini hanya dapat dinikmati di Android asli yang berjalan di Pixel. Android One jika Anda mendapatkan pembaruan Android 10 terbaru, pasti akan ada kekurangan – seperti halnya Oxygen OS pada perangkat OnePlus. Apa lagi dengan sistem operasi seperti MIUI, EMUI, OneUI, FuntouchOS dan lainnya?


Banyak produsen sudah hadir dengan beberapa fitur Android 10 ini dalam versi mereka sendiri. Mereka biasanya lebih suka menggunakan versi mereka sendiri. Nah, dengan fungsi baru yang datang ke Android 10 ini berarti sudah dilengkapi dengan kode Android itu sendiri, yaitu AOSP. Di masa depan, jika produsen ingin membuat fungsi baru yang mirip dengan Android 10, akan lebih mudah.

Bagaimana dengan Anda? Perangkat apa yang Anda gunakan dan apakah itu menjalankan Android 10? Apa pendapat Anda tentang sistem operasi Android yang baru?

Komen

Nama
Web