READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Dalam novel 1984, George Orwell menggambarkan sebuah dunia di mana pemerintah terus memantau kehidupan rakyat. Setiap gerakan dan pemikiran dipantau agar konsisten dengan pandangan pemerintah. Fiksi ini telah menjadi kenyataan di Cina dengan kamera CCTV yang terus-menerus mengikuti pergerakan rakyatnya. Kesalahan yang tercatat akan menyebabkan kredit sosial terputus, mencegah mereka meninggalkan negara atau mendapatkan perumahan publik milik pemerintah.

Pada Pameran Industri Internasional yang diadakan di Cina minggu lalu, sebuah kamera dengan sensor 500 Megapixel ditampilkan. Menurut perancangnya, Xiaoyang Zeng, kamera ini dipadukan dengan kecerdasan buatan untuk mengenali wajah ribuan orang di dalam stadion. Dengan tingkat detail gambar lima kali lebih tajam daripada mata manusia, ia dapat melakukan proses mengenali wajah dalam hitungan detik.

Kamera ini kemungkinan akan meningkatkan kemampuan pengawasan rakyat Cina oleh pemerintah. Di Cina saat ini ada ratusan juta kamera CCTV siap mengawasi tiap gerak rakyatnya. Bahkan polisi di Cina  telah mulai menggunakan kacamata pintar untuk memindai wajah, sehingga memudahkan proses penangkapan apabila diduga melakukan pelanggaran.

 

 

Komen

Nama
Web