READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Sony PlayStation 5 Akan Diluncurkan Pada Akhir Tahun 2020

Diterbitkan pada 9th October 2019 oleh

Beberapa bulan yang lalu, ada desas-desus bahwa Sony sedang mengembangkan konsol generasi berikutnya, yang dikatakan diberi nama Sony PlayStation 5. Baru-baru ini, melalui sebuah artikel di situs web PlayStation Jepang, Sony telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mulai menjual konsol game  terbaru pada akhir tahun 2020.

Rincian pada konsol itu ditegaskan kembali oleh CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan dan arsitek sistem PlayStation Mark Cerny yang mengatakan konsol akan kembali didukung oleh AMD dan  kali ini menggunakan chip prosesor komputer Ryzen 3000 bersama dengan chip prosesor grafis Navi, keduanya dibangun menggunakan proses 7nm terbaru.

Pada saat yang sama, juga telah dikonfirmasi bahwa PlayStation 5 akan menggunakan penyimpanan SSD, dan bukan hard drive seperti konsol sebelumnya. Jumlah penyimpanan yang dimuat belum dikonfirmasi, tetapi penggunaan penyimpanan ini akan menjanjikan waktu buka game yang lebih cepat.

Cerny menjelaskan bahwa dengan penyimpanan SSD ini, cara pengguna memasang game di konsol juga akan berubah, di mana pengguna dapat memilih bagian mana yang ingin mereka instal di dalam konsol, seperti kampanye pemain tunggal (single player campaign) atau banyak pemain (multiplayer campaign) untuk memungkinkan pengguna memainkan bagian permainan yang ingin mereka mainkan lebih cepat, daripada harus menunggu semua bagian diunduh.

Berbicara tentang permainan, Mark Cerny juga menegaskan bahwa permainan dari konsol PlayStation 4 dapat dimainkan di konsol PlayStation 5. Menurut pendapat kami, ini adalah langkah cerdas karena akan memberi PlayStation 5 basis permainan yang sangat besar yang dapat dimainkan oleh pengguna,  terutama bagi mereka yang akan memiliki konsol game pertama mereka.

Di antara aksesori paling penting dalam kehidupan PlayStation adalah pengontrol permainan DualShock. Kemungkinan  pengontrol DualShock yang datang dengan PlayStation 5 akan dinamai DualShock 5, tetapi mereka belum dikonfirmasi.

Menurut Cerny. DualShock 5 tentu saja hadir dengan beberapa perubahan dalam desain dan fitur. Yang pertama adalah pengenalan fitur pemicu adaptif, dan misalnya, jika pengguna memainkan penembak pertama, bagian pemicu dapat diprogram untuk mengubah tingkat ketegangan tergantung pada senjata yang digunakan dalam permainan.

Yang kedua adalah pembaruan untuk respons haptic yang lebih halus dan rinci. Menurut laporan dari Wired yang mencoba kontroler DualShock baru, mereka mengatakan game yang mereka uji, Astro Bot Rescue Mission menunjukkan bagaimana mereka bisa merasakan berbagai jenis permukaan melalui reaksi haptic ini, seperti pasir, lumpur, dan sebagainya.

Di antara yang menarik adalah konfirmasi sebelumnya Mark Cerny tentang dukungan resolusi 8K serta fitur ray-tracing pada konsol. Dia menegaskan kembali bahwa PlayStation 5 akan dilengkapi dengan fitur pemrosesan cahaya dan bayangan, dan bahwa itu akan datang melalui chip prosesor grafis Navi, tanpa menggunakan perangkat lunak seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Beberapa pengembang game seperti Electronic Arts dan BluePoint Games telah menerima konsol uji coba mereka, dan dikatakan sedang mengembangkan game baru yang belum mereka umumkan.

Sepertinya Anda sudah dapat mulai menabung untuk konsol game Sony terbaru, Sony PlayStation 5, yang akan diluncurkan sekitar setahun dari sekarang.

 

Komen

Nama
Web