READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Kemarin The Guardian melaporkan bahwa ponsel pintar Jeff Bezos diretas oleh pemerintah Saudi melalui file yang dikirim oleh Pangeran Mohamad bin Salman (MBS) melalui aplikasi WhatsApp pada tahun 2018. Sebagai akibat dari peretasan tesebut, Bezos dipaksa untuk menghentikan laporan negatif pada pemerintah Arab Saudi melalui The Washington Post (WaPo) miliknya sendiri.

Hari ini, dua pelapor dari PBB Agn├Ęs Callamard dan David Kaye menyerukan penyelidikan atas insiden tersebut. Bukti yang dilaporkan oleh The Guardian menunjukkan bahwa telah ada upaya oleh Saudi untuk mencegah laporan negatif dari pemerintah dengan menggunakan informasi pribadi Bezos yang mereka curi.

Ada bukti file dalam MP4 yang dikirim oleh akun MBS ke iPhone Bezos melalui WhatsApp. Setelah file dikirim, beberapa data pribadi dikirim keluar dari perangkat. Bezos kemudian dipaksa untuk merilis pernyataan resmi bahwa dia berselingkuh saat masih menikah dan bahwa dia bercerai tahun lalu.

Aplikasi jahat Pegasus yang dikembangkan oleh NSO Group yang berbasis di Israel diyakini telah digunakan untuk meretas Bezos. Oktober lalu NSO Group digugat oleh WhatsApp karena memata-matai pengguna mereka.

Pegasus sebelumnya digunakan untuk meretas perangkat jurnalis WaPo Jamal Kashonggi yang kemudian dibunuh di kedutaan Saudi di Turki. Laporannya tentang WaPo tidak disukai oleh MBS karena kritis terhadap pemerintah Saudi.

 

 

Komen

Nama
Web