READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Covid-19 adalah pandemi yang sekarang menginfeksi lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia dengan kematian mencapai puluhan ribu. Para ilmuwan percaya wabah dimulai di Cina setelah virus berpindah dari hewan ke manusia di pasar pasokan daging. Tetapi secara internet Anda pasti telah melihat teori konspirasi yang mengklaim bahwa virus disebabkan oleh jaringan 5G dan akibatnya di Inggris beberapa menara telekomunikasi telah dibakar.

Tiga menara 5G dibakar di Birmingham minggu lalu yang menyebabkan gangguan jaringan seluler. Teori ini menjadi viral setelah beberapa selebritas membagikan tautan mereka di media sosial tanpa mengkonfirmasi apakah itu benar atau tidak. Akibat insiden ini, pemerintah Inggris kini meminta perusahaan media sosial seperti Twitter dan Facebook untuk memantau penyebaran konten terutama berita palsu.

Teori konspirasi 5G menyebabkan wabah koronavirus yang kita lihat dua minggu lalu setelah sebuah video yang mengklaim orang-orang Cina menghancurkan menara telekomunikasi viral di media sosial. Video itu sebenarnya menunjukkan menara kamera sirkuit tertutup dihancurkan di Hong Kong untuk menghindari pengawasan oleh pemerintah Cina ketika orang-orang unjuk rasa tahun lalu.

Kita tahu apa yang sedang viral di media sosial mudah disebarkan dengan hanya mengklik tombol. Tetapi ingatlah untuk berpikir sebelum menyebarkan karena Anda dapat dituntut karena menyebarkan kebohongan. Pada saat yang sama itu menunjukkan bahwa dalam situasi pandemi, berita palsu juga bisa menipu warga yang kita anggap maju dan beradab.

 

Komen

Nama
Web