READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Hangouts Meet Sekarang Berganti Nama Menjadi Google Meet

Diterbitkan pada 9th April 2020 oleh

Google sekarang telah secara resmi mengumumkan Google Meet. Itu nama baru untuk Hangouts Meet. Perubahan nama ini akan berlangsung secara bertahap, dimulai dengan versi web. Namun, Hangouts Chat masih menggunakan nama Hangouts.

Berikut adalah beberapa fitur baru yang diperkenalkan:

  • Hanya penyelenggara rapat (host) dan pembuat jadwal yang dapat membungkam atau menghapus peserta, sehingga peserta tidak dapat mengambil alih kekuasaan seperti menendang atau membungkam penyelenggara.
  • Hanya penyelenggara rapat dan pembuat jadwal yang dapat menerima peserta baru melalui tautan eksternal. Ini untuk mencegah peserta memasukan peserta lain (misalnya).
  • Peserta tidak dapat kembali ke forum setelah orang terakhir pergi. Jadi penyelenggara sebagai orang terakhir dan peserta hanya dapat masuk jika penyelenggara masih aktif.

Tiga tahun lalu, Google memperbarui layanan Hangouts mereka menjadi dua yaitu Hangouts Chat dan Hangouts Meet. Google berfokus pada pengguna perusahaan untuk bersaing dengan Microsoft Teams dan Slack. Namun, hingga hari ini, banyak yang masih menggunakan layanan Hangouts lama. Google sebelumnya telah mengarahkan pengguna untuk beralih ke layanan yang lebih baru sebelum mereka ditingkatkan secara otomatis. Namun masalahnya masih tertunda.

Di masa mendatang, Google akan mengubah nama Hangouts Meetmenjadi Google Meet. Ini kemungkinan besar karena transisi antara Hangouts lama dan Hangouts Meet. Di laman  Google Support, sekarang telah menggunakan Google Meet dan bukannya Hangouts Meet. Namun, nama Hangout tidak dimatikan karena layanan pesan mereka masih menggunakan Hangouts Chat.

Salah satu alasan perubahan nama ini adalah bahwa nama Hangout kedaluwarsa dan lama digunakan. Jadi untuk dapat bersaing dengan Slack, Zoom atau Microsoft Teams, Google membutuhkan nama baru yang lebih sesuai dengan tujuan awalnya yaitu berfokus pada pengguna perusahaan.

 

 

Komen

Nama
Web