READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Berapa kecepatan internet yang Anda nikmati saat ini? Di rumah kami berlangganan paket 30 Mbps tetapi ini sering lebih rendah karena ada banyak perangkat di rumah yang menggunakan internet. Kecepatan yang kami nikmati jauh lebih lambat dibandingkan dengan rekor baru kecepatan internet tercepat di dunia yaitu 44.2 Tbps yang tercatat di Australia.

Dengan kecepatan ini, ribuan film resolusi HD dapat diunduh dalam sekejap. Kecepatan 44,2 Tbps ini dicapai dengan menggunakan chip baru yang disebut sisir mikro (micro comb). Ini menggantikan 80 lampu LED inframerah untuk mengirimkan sinyal Internet melalui kabel serat optik 76,6 km di Melbourne. Para peneliti dari Monash University, Swinburne, dan RMIT bekerja bersama untuk mengembangkan teknologi baru ini.

Hal yang menarik tentang kecepatan Internet ini adalah ia memanfaatkan infrastruktur kabel serat optik yang ada hanya dengan menambahkan chip sisir micro pada kedua ujung terminal agar berfungsi. Secara teoritis teknologi ini dapat dengan mudah diterapkan pada jaringan internet saat ini.

 

 

Komen

Nama
Web