READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Satu dekade lalu ketika saya mengatakan saya bekerja sebagai blogger, banyak kerabat menggaruk-garuk kepala. Tidak kurang juga mendesak kita untuk mencari pekerjaan lain yang lebih stabil karena blogger tidak dianggap sebagai karier nyata. Tapi sekarang nampaknya sudah berubah. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya influencer media sosial serta content creator YouTube bermunculan.

China baru saja mengakui vloggers, blogger, pedagang di situs e-commerce dan atlet e-Sport sebagai sebuah pekerjaan nyata. Sebelumnya semua tidak diakui dan orang yang melakukan pekerjaan ini dikategorikan sebagai pengangguran.

Pengakuan ini sebenarnya bukan langkah progresif oleh pemerintah China tetapi lebih dilihat sebagai upaya untuk menurunkan persentase total pengangguran karena Covid-19. Saat ini tingkat pengangguran di China adalah 6,2% dengan pemerintah menargetkannya turun menjadi 6% pada akhir tahun.

Di antara langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi dampak epidemi pada pasar kerja adalah mendorong mahasiswa untuk melanjutkan studi ke tingkat master dan membawa lulusan untuk menjadi guru di daerah pedesaan. Apakah pembaca Amanz merasa karier “modern” ini pantas diakui sebagai pekerjaan?

 

Komen

Nama
Web