READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Sebelumnya dikabarkan bahwa pemerintah AS akan melarang segala bentuk bisnis di negara tersebut dengan dua perusahaan teknologi besar asal China, yakni Bytedance dan juga Tencent melalui aplikasi TikTok dan WeChat.

Ming-Chi Kuo, analis terkenal yang tekenal dengan prediksi perangkat Apple, mengatakan ada dua skenario di mana Apple akan mengalami penurunan yang signifikan dalam hal pengiriman perangkat Apple ke pasar global sebagai akibat dari pelarangan tersebut.

Menurut dia, ada dua skenario terbaik dan terburuk yang mempengaruhi pengiriman domestik dan global akibat adanya arahan terbaru.

Yang pertama adalah jika larangan penggunaan aplikasi semacam itu terbatas pada pasar AS saja. Ini adalah skenario terbaik untuk Apple, karena penurunan pengiriman perangkat berada pada skala minimal, karena aplikasi WeChat tidak banyak digunakan di pasar AS.

Skenario yang lebih buruk bagi Apple adalah jika arahan tersebut mencakup pasar global, terutama pasar China juga. Ming-Chi Kuo memperkirakan jika skenario terburuk ini terjadi, Apple akan terpaksa mengurangi pengiriman global perangkat iPhone hingga 30 persen.

Di negara-negara seperti China, WeChat bukan hanya aplikasi perpesanan, tetapi juga platform produktivitas, pembelian online, pembayaran, media sosial, dan berita. Tanpa WeChat, dapat dikatakan bahwa setiap perangkat pintar akan kehilangan sebagian besar kegunaannya. Hilangnya pasar China akan menjadi kerugian besar bagi Apple karena merupakan salah satu pasar terbesar perusahaan di luar Amerika Serikat.

Jika ini kasusnya pada sebagian besar skenario langsung, aksesori Apple lainnya seperti AirPods dan Apple Watch juga akan runtuh karena penurunan tajam penjualan perangkat iPhone.

Menurut Macrumors, perintah eksekutif tidak akan dimulai hingga 20 September. Hingga tanggal tersebut, pemerintah Amerika masih memiliki waktu untuk menjelaskan, mengubah atau mencabut perintah eksekutif yang diumumkan.

Perusahaan teknologi Amerika yang berbisnis dengan perusahaan China harus menunggu dan melihat apakah mereka benar-benar perlu memutuskan hubungan dalam jangka pendek.

 

 

Komen

Nama
Web