READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa Apple tidak tertarik untuk mengizinkan layanan streaming game komputer seperti Google Stadia, Project xCloud oleh Microsoft ataupun GeForce Now keluaran NVIDIA digunakan di platformnya.

Ini adalah keputusan yang agak mengkhawatirkan karena akan secara langsung mengisolasi pengguna iOS dari cara mudah untuk mengakses game komputer yang mereka miliki di platform seluler.

Apple baru-baru ini tampaknya telah mengajukan paten untuk layanan streaming game mereka sendiri yang disebut “Enabling Interactive Service for Cloud Rendering Gaming in 5G Systems“.

Detail paten ini bisa dilihat melalui situs Patently Apple yang menyebutkan telah diajukan pada Februari tahun ini, dan baru diperlihatkan beberapa hari yang lalu.

Yang menarik dari hal ini adalah paten Apple hampir identik dengan yang ditawarkan oleh Google, Microsoft dan NVIDIA, tetapi fokus pada penggunaan jaringan 5G untuk meminimalkan jeda waktu dalam hal pengiriman streaming maupun masukan dari pemain.

Keputusan Apple untuk mengembangkan layanan streaming game sendiri bisa dibilang agak janggal karena di platform tersebut belum banyak game yang bisa dimainkan di platform MacOS saat ini, apalagi saat sistem operasi sedang dalam proses peralihan ke penggunaan CPU ARM.

Jika layanan ini untuk platform iOS juga masih agak janggal karena yang pertama di platform tersebut hanya bisa diunduh dan dimainkan oleh berbagai perangkat iPhone dan iPad tanpa ada masalah. Mereka juga sudah memiliki platform Apple Arcade pertama yang sepertinya kurang populer.

Apa pun alasan Apple mengembangkan platform ini, hal itu menunjukkan mengapa mereka tidak mengizinkan platform streaming game lain untuk digunakan di iOS dan iPad OS.

 

 

Komen

Nama
Web