READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

Samsung Galaxy Z Fold2 resmi diluncurkan hari ini setelah diumumkan pada acara peluncuran Note20 beberapa minggu lalu. Dengan diluncurkannya hari ini, informasi mengenai spesifikasi serta fitur-fitur baru yang didukung akhirnya dapat diketahui secara lengkap.

Pertama, layar eksternal sekarang berukuran 6,2 inci Super AMOLED yang jauh lebih besar hampir tanpa bezel dengan lubang untuk kamera selfie 10 megapiksel. Di bagian dalam, layar lipat 7.6 inci Dynamic AMOLED 2X mendukung kecepatan refresh rate 120Hz. Ini adalah kecepatan refresh yang juga digunakan pada Note20 Ultra untuk mengurangi penggunaan baterai perangkat.

Layaknya layar eksternal, layar internal lipat ini juga memiliki lubang untuk kamera selfie 10 megapiksel. Dengan penggunaan bezel yang lebih kecil, layar di Fold2 juga lebih besar dibandingkan 7,3 inci tahun lalu. Untuk memastikan layar ini tahan lama, lapisan UTG diterapkan ke layar yang dapat dilipat.

Perangkat ini ditenagai chip Snapdragon 865+, memori RAM 12GB, penyimpanan 256/512 GB UFS 3.1, dan baterai 4500 mAh. Pengisian daya cepat berkabel 25W juga didukung oleh pengisian daya nirkabel.

Mekanisme pelipatan ditingkatkan dengan sikat di bagian dalam yang mendorong kotoran keluar seperti yang diperkenalkan pada Z Flip sebelumnya. Engsel dapat dibuka hingga 170 derajat untuk bukaan penuh pada layar internal atau pada sudut manapun yang diinginkan oleh pengguna. Ini juga memungkinkan Flex Mode digunakan untuk merekam video, menonton video, atau bergabung dengan telekonferensi. Sekali lagi fitur Z Flip kini juga hadir di Fold2. Samsung juga memberikan opsi kustomisasi pada pelat berengsel dengan empat warna berbeda seperti merah jika pemilik menginginkan variasi pada perangkat yang dimilikinya.

Melengkapi spesifikasinya adalah tiga kamera utama 12 + 12 + 12 f / 1.8 + f / 2.2 + f2. 4 megapiksel yang mendukung sudut lebar, lensa sudut ultra lebar, dan telefoto. Meski sekilas terlihat sama dengan modul kamera Note20, sebenarnya tidak bisa melakukan zoom hingga 50x karena minimnya mekanisme periskop.

Penjualan akan dimulai 18 September ini di 40 pasar terpilih dengan harga masing-masing mulai dari $ 1.999,99 (~ Rp 29,5 juta). Ini sekitar $ 20 (Rp 294ribu) lebih mahal dari harga jual Galaxy Fold sebelumnya.

Di saat yang sama Samsung juga akan menawarkan Galaxy Z Fold2 Tom Browne Edition dalam jumlah terbatas hanya 5.000 unit dengan harga $ 3299 (~ Rp 48,6 juta). Versi ini akan memiliki kemasan tambahan, tema antarmuka dan aksesori pendamping (Galaxy Watch3 dan Buds Live) dengan desain eksklusif.

Komen

Nama
Web