READING MODE  
Situs Berita Teknologi Terkini

H-Man Membantu Pemulihan Pasien Stroke Dengan Video Game

Diterbitkan pada 29th October 2020 oleh

Efek samping yang dialami pasien stroke adalah hilangnya kontrol gerak pada beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, proses pemulihan harus dilakukan oleh pasien sejak awal untuk meningkatkan kemungkinan pemulihan gerak di bagian tubuh yang terkena. Di Singapura, H-Man telah diluncurkan sebagai alat untuk membantu pemulihan di rumah.

H-Man terdiri dari panel dengan pengontrol multi-arah bawaan di bagian dalam. Ini mirip dengan desain pengontrol video game penerbangan yang dijual di pasaran. Melalui beberapa aktivitas seperti video game, kekuatan tangan pasien dapat dipulihkan.

Sistem akan mampu mendeteksi saat pasien menunjukkan perbaikan dan kemudian mengubah tingkat kesulitan aktivitas sesuai dengan kemampuannya. Karena bobotnya yang hanya 14 kilogram, membuatnya lebih portabel dibanding perangkat saat ini yang berbobot 70 kilogram.

Perangkat rehabilitasi tersebut dikembangkan oleh Nanyang Technological University, Singapura (NTU Singapura) bekerja sama dengan Centre for Advanced Rehabilitation Therapeutics (CART) di Tan Tock Seng Hospital (TTSH) Rehabilitation Center. Ia dikembangkan karena pasien stroke tidak dapat pergi ke rumah sakit untuk terapi karena wabah Covid-19. Dengan H-Man sebagian dari terapi yang dilakukan di rumah sakit ini bisa dilakukan di rumah.

 

Komen

Nama
Web